Sunday, December 17, 2017

Overseas Grant Procedure

(Currently this page is available in Bahasa only, we are sorry for this inconvenience)

  1. Departemen/fakultas mendapatkan hibah berupa barang dari instansi/universitas luar negeri yang merupakan hasil dari MoU atau MoA
  2. Departemen/fakultas melaporkan ke pihak universitas untuk menindaklanjuti hibah tersebut
  3. Departemen/fakultas atas nama universitas membuat surat permohonan pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor barang bukan baru ke KEMENTRIAN PERDAGANGAN direktur impor. Melampirkan:
    1. Pelabuhan tujuan
    2. Pelabuhan muat
    3. Pos tariff/HS sesuai BTKI 2012
  4. Departemen/fakultas atas nama Universitas membuat surat rekomendasi untuk mendapatkan impor tanpa API (Angka Pengenal Importir) dan NIK (Nomor Importir Kepabean) karena UNAIR tidak memiliki API dan NIK
  5. Departemen/fakultas atas nama Universitas membuat surat permohonan rekomendasi ke KEMENTRIAN KESEHATAN dirjen bina kefarmasian dan alat kesehatan terkait pengadaan alat kesehatan bukan baru. Melampirkan
    1. Surat rekomendasi persetujuan impor dari KEMENTRIAN PERDAGANGAN
    2. Surat rekomendasi persetujuan impor dari KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN
    3. Surat keterangan dari institusi pengguna terakhir  yang menyatakan bahwa alat tersebut tidak bermasalah
    4. Riwayat pemeliharaan alat kesehatan
    5. Surat bermaterai tentang penggunaan alat yang hanya dilakukan setelah kalibrasi pada laboratorium kalibrasi yang terakreditasi
  6. Departemen/fakultas atas nama Universitas membuat surat pengambilan hibah barang ke  KEMENDIKBUD direktorat kelembagaan dan kerjasama
  7. Departemen/fakultas atas nama Universitas membuat surat permohonan bebas cukai ke KEMENKEU dirjen BEA CUKAI. Melampirkan:
    1. Surat permohonan bebas cukai yang ditujukan ke MENKEU melalui DIRJEN BEA CUKAI u.p. direktur fasilitas kepabeaan sejumlah 3 lembar (asli)
    2. Mencantumkan daftar rincian jumlah, jenis dan harga barang yang akan diimpor serta pelabuhan dan tempat pembongkarannya
    3. Surat rekomendasi dari KEMENTRIAN KESEHATAN dan KEMENTRIAN PERDAGANGAN
    4. Gift Certificate

DOKUMEN YANG WAJIB DISERTAKAN DISETIAP SURAT PERMOHONAN

  1. General Agreement (disetujui atase perdagangan KBRI di negara universitas tersebut)
  2. Invoice (disetujui atase perdagangan KBRI di negara universitas tersebut)
  3. Packing list(disetujui atase perdagangan KBRI di negara universitas tersebut)
  4. Gift Certificate (disetujui atase perdagangan KBRI di negara universitas tersebut)
  5. Certificate of Good Manufacturing Practice
  6. Sertifikat Analisa /Mutu dan Alat Kesehatan

Contact us

International Office and Partnership (IOP) UNAIR
206-208 Amerta Bld. 2nd Floor, Kantor Manajemen Universitas Airlangga Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115
Ph. +62 (31) 596 6864 Fax +62 (31) 5955582

General Enquiry: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Twitter: @iop_unair

Scroll to top