Tuesday, September 17, 2019

Workshop Program Penguatan Kantor Urusan Internasional (PPKUI) 2014: "Marketing, Branding, and Promotion"

Workshop Program Penguatan Kantor Urusan Internasional (PPKUI) 2014: "Marketing, Branding, and Promotion"

Hotel Santika Premier & Universitas Airlangga Surabaya
27 & 28 Agustus 2014

Tahun 2014 merupakan kali ke 4 International Office (IO) Meeting (yang kali ini bernama Workshop Program Pengembangan Kantor Urusan Internasional [PPKUI])  digelar oleh International Office and Partnership (IOP) Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Acara ini dapat terselenggara dengan baik, berkat kerjasama IOP UNAIR dengan Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama di bawah naungan Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, IO Meeting tahun ini bertajuk Workshop dengan mengusung tema “Marketing, Branding and Promotion”. Tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan jumlah perguruan tinggi Indonesia yang siap untuk bersaing global. Acara ini digelar selama dua hari, Rabu-Kamis, 27-28 Agustus 2014.

 

Hari Pertama

Sejumlah 74 peserta berdatangan memenuhi Ballroom Airlangga, Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari Kantor Urusan Internasional universitas negeri dan swasta yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari Wakil Rektor III, Prof. Soetjipto, dr., Ph.D. Pada inti acara, pseserta disuguhkan dengan beberapa materi yang telah dipersiapkan oleh masing-masing pemateri.

Pemaparan pertama mengenai Kebijakan Internasionalisasi Universitas Airlangga oleh Tjitjik Srie Cahyandari, PhD. Tujuan penyampaian materi ini, peserta dapat mengetahui strategi internasionalisasi UNAIR sehingga peserta dapat merefleksikan pengembangan strategi internasionalisasi di perguruan tinggi masing-masing.

Materi yang kedua adalah “Branding Universitas di Indonesia” yang disampaikan oleh Amalia Maulana, seorang Praktisi Marketing Institusi Pendidikan di Indonesia dari Universitas Bina Nusantara. Diharapkan peserta dapat menentukan positioning dan unique differences Universitas masing-masing. Sehingga peserta akan mampu merefleksikan ide model pemasaran dan branding sesuai dengan perbedaan yang dimiliki oleh Universitas peserta.

Dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Kebijakan Kerjasama dan Marketing Perguruan Tinggi di Indonesia oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama DIKTI oleh Dr. R. Purwanto Subroto Peserta dijelaskan tentang strategi dan kebijakan pengembangan marketing dan kerjasama yang telah ditetapkan DIKTI baik bagi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Sekaligus peserta diajak untuk melakukan refleksi pengembangan marketing dan kerjasama yang telah dilakukan di perguruan tinggi asal peserta.

Setelah makan siang, para peserta dipertemukan dengan pembicara selanjutnya, yakni salah satu Staf Ahli IOP UNAIR, Sony Kusumasondjaja, yang tercatat juga sebagai Pakar Marketing Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR.  Dalam sesi ini, peserta diajak sharing tentang best practices model promosi, marketing dan branding.

Selain pembicara-pembicara hebat di atas, workshop kali ini juga dihadiri oleh Sharyn Musclle dan Jason Legatt dari Queensland University of Technology (QUT), Australia. Peserta diajak sharing dan saling berdiskusi untuk memberikan referensi bagaimana proses branding, markeing anf promotion yang ada di QUT.

 

Hari Kedua

Pada hari kedua, peserta diajak untuk mengunjungi kantor IOP UNAIR yang ada Gedung Selasar Lt. 2, Kantor Manajemen, Kampus C, Surabaya. Peserta diajak untuk melihat aktivitas susunan organisasi yang dimiliki oleh IOP UNAIR. Para peserta disambut oleh Ketua IOP UNAIR, IGAK. Satrya Wibawa, MCA beserta para pimpinan IOP lainnya.

Selain itu, IOP UNAIR juga mengundang Muliono Latief, perwakilan dari IDP Surabaya untuk menjelaskan proses kerjasama dengan beberapa Universitas yang ada di Australia.

Seusai melihat sekeliling kantor manajemen UNAIR, para peserta berfoto bersama sebagai bentuk kenang-kenangan. Kemudian, peserta diajak untuk menikmati makan siang di sebuah restaurant yang berada di kawasan Basuki Rahmat Surabaya. Tak berhenti sampai disitu, kemudian panitia mengajak para peserta untuk mampir ke Toko oleh-oleh khas Surabaya di sekitar Pasar Genteng.

Menjelang sore, para peserta pun bersiap untuk kembali ke Universitas masing-masing.

Terimakasih, Selamat jalan!

Contact us

Airlangga Global Engagement Universitas Airlangga
206-208 Amerta Bld. 2nd Floor, Kantor Manajemen Universitas Airlangga Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115
Ph. +62 (31) 596 6864 Fax +62 (31) 5955582

General Enquiry: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitter: @globalunair

Instagram: @globalunair

Facebook: https://www.facebook.com/globalunair

Scroll to top